5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama!

5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama!

29
0
BERBAGI

Setiap negara memiliki hidangan ayam yang khas. Ada lima hidangan ayam yang disebut paling enak di dunia, termasuk ayam goreng khas Indonesia.

Populer hampir di seluruh negara, ayam selalu jadi hidangan favorit banyak orang. Selain rasanya yang enak, kaya protein, mudah dicari, harganya juga lebih murah dibandingkan daging sapi atau kambing.

Tak terhitung berapa banyak hidangan ayam yang ada di setiap negara. Menurut Taste Atlas (15/04), ada lima hidangan ayam yang disebut memiliki rasa paling enak dan lezatdi dunia.

Seperti ‘Tikka’, ayam panggang krispi berwarna kemerahan khas India yang kaya rempah. Kemudian ada Karahi, ayam gulai khas Pakistan yang empuk. Tak ketinggalan ayam goreng dari Indonesia.

Berikut lima hidangan ayam dari berbagai negara yang paling enak di dunia.

1. Tikka

Jadi menu wajib di setiap restoran khas India, sampai penjual kaki lima. Tikka merupakan ayam panggang renyah dan krispi khas Punjab, yang popularitasnya sampai Singapura dan Malaysia.

Tikka biasanya dibuat dari potongan daging ayam tanpa tulang. Kemudian dimarinasi dengan yogurt, dan rempah tradisional India. Seperti kunyit, bubuk cabe caynne, tambahan cabe asli, bawang putih hingga jahe.

Setelah dibumbui, potongan daging ayam kemudian dipanggang di atas arang menggunakan tandoor. Sejenis tempayan dari tanah liat yang berfungsi sebagai oven di India. Hasilnya ayam Tikka sangat krispi di luar, dan empuk di dalam.

Tikka bisa disantap dengan makanan apapun. Seperti nasi biryani, roti naan, kari hingga nasi lemak.

2. Karahi

Masih dari wilayah Asia, hidangan ayam terenak di dunia selanjutnya ditempati oleh Pakistan. Negara ini punya hidangan ayam favorit bernama Karahi, yang juga populer di India Utara.

Nama Karahi diambil dari sebutan ‘kental’, karena hidangan ayam ini mirip seperti gulai yang dimasak selama beberapa jam hingga bumbunya meresap.

Bahan-bahan untuk membuat karahi cukup sederhana. Yaitu potongan ayam, tambahan bubuk cabe merah, jinten, garam masala, jahe, kapulaga, tomat dan bawang putih.

Karahi umumnya disantap dengan nasi, roti atau naan agar lebih kenyang.

3. Frango Piri Piri

Berasal dari Portugal, tepatnya di kota Algarve. Frango piri piri merupakan hidangan ayam panggang, yang disebut juga sebagai Frango Assado.

Mirip seperti ayam panggang pada umumnya, Frango menggunakan ayam utuh yang sudah dimarinasi. Kunci kelezatannya terletak pada kombinasi minyaik zaitun, lada, dan tumbukkan cabe piri-piri yang terkenal pedas.

Setelah matang, ayam panggang ini disantap engan sambal piri-piri yang sedikit berminyak. Rasanya mirip seperti ayam peri-peri dari Afrika, tapi lebih gurih.
Ditambah dengan pilihan kentang goreng, nasi atau salad tomat sebagai pelengkapnya.

4. Pollo a la brassa

Amerika Selatan memiliki aneka kuliner yang lebih luas dan beragam. Seperti di Peru, yang punya sajian Pollo a la brassa. Menu ayam panggang arang, dengan tekstur garing di luar dan juicy di dalam.

Hidangan ini pertama kali diciptakan di kota Lima pada tahun 1950-an. Daging ayam hanya dibumbui dengan garam saja. Tapi di era modern, ayam Pollo dimarinasi dengan bumbu racikan dari cuka, garam, lada, rosemary, cabe dan bir.

Karena rasanya yang enak, kini Pollo menjadi hidangan yang paling sering disantap oleh orang-orang di Peru setiap harinya. Mereka menyantapnya dengan kentang goreng dan salad, mirip seperti steak ayam.

5. Ayam Goreng

Taste Atlas menempatkan ayam goreng dari Indonesia, sebagai juara pertama hidangan ayam paling enak di dunia. Menurut mereka, meski ayam goreng adalah hidangan yang sederhana tapi rasanya sangat lezat.

Ayam goreng di Indonesia disajikan dalam bentuk potongan paha atau dada. Kemudian dimarinasi dengan bumbu rempah yang beragam. Karena hampir setiap daerah di Indonesia, punya racikan bumbu ayam goreng masing-masing.

Keunikan lain yang membuat ayam goreng ini disebut paling enak sedunia, karena adanya serundeng kelapa hingga kremesan dari tepung beras yang gurih.

Mirip seperti di Peru, ayam goreng masuk ke dalam hidangan sehari-hari yang paling banyak disantap orang Indonesia. Lengkap dengan tambahan nasi putih, lalapan dan sambal pedas.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY