Kampanye Pilkada Resmi Dibuka Hari Ini

Kampanye Pilkada Resmi Dibuka Hari Ini

32
0
BERBAGI

Bandung, Jawa Barat – Sabtu (26/9) Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi memulai hari pertama tahap kampanye pilkadayang di dilaksanakan oleh 270 PasanganCalon (paslon). Tahapan kampanye dilaksanakan selama 71 hari tepatnya hingga 5 Desember mendatang.

Berbeda dengan pelaksanaan kampanye pilkada sebelumnya, kampanye ini sesuai dengan peraturan KPU Nomor 13 tahun 2020 yang melarang kegiatan kampanye yang mengumpulkan banyak massa. Hal ini dikarenakan pandemi COVID 19 yang melanda di Indonesia.

Menurut peraturan KPU Nomor 13 tahun 2020 pelarangan kegiatan kampanye terdiri dari 7 jenis kegiatan yaitu  rapat umum, panen raya, dan/atau konser musik, kegiatan kebudayaan berupa pentas seni, kegiatan olahraga berupa gerak jalan santai, dan/atau sepeda santai, perlombaan, kegiatan sosial berupa bazar dan/atau donor darah, peringatan hari ulang tahun Partai Politik.

Jika paslon melanggar peraturan KPU akan diberikan sanksi teguran tertulis atau pembubaran peserta pilkada/kampanyeoleh kepolisianjika tetap melaksanakan kegiatan yang dilanggar oleh KPU.

Akibat adanya pelarangan jenis kampanye tersebut KPU hanya akan memperbolehkan kegiatan kampanye seperti pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, debat publik atau debat terbuka antarpasangan calondengan syarat maksimal 50 orang dan memakai standar protokol kesehatan.

Paslon dapat menyebarkan bahan kampanye kepada umum berupa Alat Peraga Kampanye (APK), iklan di berbagai media massa baik cetak, elektronik, media sosial dan kegiatan lainnya yang tidak melanggar peraturan KPU.

Dikutip dari cnnindonesia.com menurut Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavianmengatakan bahwa pelaksanaan pertemuan tatap muka hanya di perbolehkan ke wilayah tidak memiliki sinyal elektronik dan tentunya pertemuan tersebut harus sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid 19.

Artikel asli

LEAVE A REPLY