Ketua Satgas: PPKM Mikro Ujung Tombak Pengendalian Covid-19

Ketua Satgas: PPKM Mikro Ujung Tombak Pengendalian Covid-19

65
0
BERBAGI

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito menegaskan, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di sejumlah daerah adalah ujung tombak pengendalian Covid-19.

Menurut Ganip, posko PPKM Mikro merupakan garda terdepan dalam pengendalian Covid-19 karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Ganip saat meninjau pelaksanaan tugas posko PPKM Mikro di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (28/7/2021).

“Karena posko PPKM di desa atau kelurahan ini adalah garda terdepan sehingga menjadi ujung tombak dalam mengendalikan Covid-19 ini,” ujar Ganip dikutip dari siaran pers.

Ganip mengatakan, sebab menjadi garda terdepan maka posko PPKM mikro pun memiliki tugas dan fungsi pencegahan.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat harus memiliki edukasi dan pemahaman tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin dan konsisten.

“Saya minta semua komponen yang bertugas di posko PPKM mikro agar dapat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara menyeluruh,” kata Ganip.

Edukasi masyarakat tentang bahaya virus corona penyebab Covid-19 harus dilakukan agar mereka tidak terpapar penyakit tersebut.

Di situlah, kata dia, posko PPKM Mikro memiliki tugas dan fungsi pencegahan dengan mengedukasi, memberi sosialisasi dan pengetahuan kepada masyarakat.

Selain itu, posko PPKM Mikro juga harus berperan sebagai tempat pembinaan.

Ganip berharap seluruh komponen yang bertugas di posko PPKM Mikro tak segan untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat yang belum melaksanakan protokol kesehatan.

“Pembinaan itu menegakkan aturan terhadap protokol kesehatan dan harus dilakukan dengan cara-cara manusiawi sehingga ajakan disiplin protokol kesehatan dapat diterima dan diikuti,” kata dia.

Ganip juga menyoroti posko PPKM Mikro agar aktif mendorong pelaksanaan tracing, testing, dan treatment (3T) bagi masyarakat yang kontak erat dengan yang terpapar Covid-19.

Sebab melalui 3T, kata dia, penanganan masyarakat yang terpapar dapat lebih optimal sehingga penyebaran virus dapat diketahui.

Lebih lanjut Ganip berharap agar posko PPKM Mikro dapat mendorong masyarakat untuk bersedia mengikuti vaksinasi Covid-19.

Pasalnya, vaksinasi dapat membentuk herd immunity dan seseorang akan lebih memiliki perlindungan dan pertahanan diri dari Covid-19.

Artikel asli

LEAVE A REPLY