Perbedaan Kuota Umum dan Kuota Belajar dari Kemendikbud

Perbedaan Kuota Umum dan Kuota Belajar dari Kemendikbud

26
0
BERBAGI

Bandung, Jawa Barat – Kamis (24/9/20)Pembejaran jarak jauh atau sering di sebut pembelajaran online sering menimbulkan masalah. Salah satu masalah yang sering di hadapi para siswa/i adalah ketersediaan kuota internet.

Melihat masalah tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem kini memberikan solusi yaitu pemberian kuota bagi siswa/i, mahasiswa, guru dan dosen

Dalam rangka mendukung pembelajaran jarak jauh, Kemendikbud dan Bagian Anggaran dan Bendahara Umum Negara (BA BUN) 2020 mengalokasikan dana sebesar Rp8,9 triliun.

Kemendikbud menggunakan anggaran sebanyak Rp 7,2 triliun untuk subsidi kuota internet selama 4 bulan. Sementara itu, Rp 1,7 triliun digunakan untuk tunjangan profesi guru, tenaga pendidikan, dosen, dan guru besar.

Merujuk pada Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020 dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020, Kemendikbud memberikan 2 jenis kuota data internet, yaitu kuota umum dan belajar.

Kuota Umum diperuntukkan untuk kegiatan mengakses seluruh kegiatan internet sedangkan kuota belajar digunakan untuk mengakses situs (401 website universitas dan 22 website) dan aplikasi (19 aplikasi, dan 5 video conference).

Mengutip dari laman Kompas.com Evy Mulyani selaku Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud pembagian kuota umum dan belajar diberlakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan kuota oleh siswa.

Kuota belajar akan lebih besar dibandingkan dengan kuota umum. Berikut ini merupakan rincian kuota yang diperoleh.

1.Peserta didik PAUD

Kuota umum: 5 GB
Kuota belajar: 15 GB
Total paket kuota internet: 20 GB/bulan

2. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah

Kuota umum: 5 GB
Kuota belajar: 30 GB
Total paket kuota internet: 35 GB/bulan

3. Pendidik PAUD, pendidikan dasar, dan menengah

Kuota umum: 5 GB
Kuota belajar: 37 GB
Total paket kuota internet: 42 GB/bulan

4. Mahasiswa dan dosen
Kuota umum: 5 GB
Kuota belajar: 45 GB
Total paket kuota internet: 50 GB/bulan

Artikel Asli

LEAVE A REPLY