Setelah Sembuh dari Covid-19, Kapan Bisa Divaksinasi?

Setelah Sembuh dari Covid-19, Kapan Bisa Divaksinasi?

24
0
BERBAGI

Setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, baik yang tanpa gejala hingga gejala ringan dan melakukan isolasi mandiri selama 10 hari atau yang bergejala sedang hingga berat dan membutuhkan perawatan di rumah sakit, Anda tetap perlu mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Tubuh Anda memang telah membangun antibodi terhadap virus corona, tapi masih ada kemungkinan untuk reinfeksi atau terinfeksi Covid-19 untuk kedua kalinya.

Sehingga, penting untuk mendapatkan vaksinasdi Covid-19 untuk membantu memperkuat meningkatkan antibodi.

Pakar penyakit menular Kristen Englund, MD dari Cleveland Clinic mengatakan, belum diketahui pasti berapa lama kekebalan alami Anda akan bertahan, setelah Anda terinfeksi Covid-19.

“Studi yang berfokus pada berapa lama kekebalan bertahan setelah positif Covid-19, hanya mencakup 200 pasien. Belum ada banyak data. Cara terbaik untuk memastikan Anda terlindungi dalah dengan divaksinasi,” jelas dr Englund.

Ia juka menekankan, bahwa bagi mereka yang pernah menderita Covid-19 dan memiliki gejala jangka panjang atau long Covid, mendapatkan vaksin covid-19 tampaknya bisa membantu pasien akhirnya pulih dari gejala long Covid.

“Jika Anda mengalami long Covid pada saat ini, harap pertimbangkan untuk mendapatkan vaksin. Itu tidak akan membuat kondisi Anda lebih buruk – bahkan ada kemungkinan vaksin membuat Anda merasa lebih baik,” desaknya.

Lalu, berapa lama bisa mendapatkan vaksin Covid-19 setelah dinyatakan sembuh?

Dr Englund menyarankan untuk segera divaksinasi setelah selesai menjalani isolasi mandiri atau mendapatkan perawatan di rumah sakit dan dinyatakan sembuh oleh dokter yang merawat.

Namun, jika Anda menerima antibodi monoklonal selama perawatan Covid-19, maka Anda harus menunggu hingga 90 hari setelah sembuh dari Covid-19 untuk menerima vaksin.

“Jika Anda mendapatkan antibodi monoklonal, itu akan membuat Anda tidak dapat mengembangkan respons yang bagus terhadap vaksin. Jadi itu sebabnya, harus menunggu selama 90 hari sampai antibodi monoklonal itu keluar dari sistem kekebalan Anda,” ungkapnya.

Bisakah menularkan virus ke orang lain meskipun sudah divaksinasi? Menurut dr Englund, vaksin Covid-19 tampaknya benar-benar mampu mengurangi penularan virus corona.

“Sehingga, jika Anda telah divaksinasi, kemungkinan Anda terkenal virus corona dan menularkannya kepada orang lain jauh lebih kecil,” jelasnya.

Dia mengklarifikasi, bahwa beberapa data awal terkait hal ini belum ditinjau oleh rekan sejawat, meskipun telah dipublikasikan. Sampai saat ini peneliti masih merampungkan informasi ini.

Tetapi dia mengatakan, penelitian awal menunjukkan bahwa divaksinasi Covid-19 dapat membuat Anda 90% lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki infeksi tanpa gejala dan menularkan virus ke orang-orang di sekitar Anda.

“Vaksin Covid-19 tampaknya benar-benar tidak hanya melindungi Anda, tetapi juga melindungi orang-orang di sekitar Anda.”

Artikel asli

LEAVE A REPLY