Simak, Kemenkes Bagikan 3 Tips Menaikkan Saturasi Oksigen

Simak, Kemenkes Bagikan 3 Tips Menaikkan Saturasi Oksigen

26
0
BERBAGI

Pulse oximeter adalah alat yang dapat digunakan untuk mengukur saturasi oksigen atau tingkat oksigen dalam darah di tubuh kita.

Ini menjadi salah satu alat yang dianjurkan untuk dimiliki di rumah ketika seseorang menjalani isolasi mandiri.

Dalam keadaan normal atau sehat, angka batas minimal saturasi oksigen adalah di kisaran 95-100 persen.

Seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Sabtu (17/7/2021), Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Primaya Hospital Pasar Kemis, Tangerang, dr Natalia Budisantoso, Sp.PD, FINASIM mengatakan, seseorang akan mulai kesulitan bernapas jika angka saturasi oksigen di bawah 95 persen.

Untuk itu, idealnya orang tersebut mendapatkan oksigenasi atau terapi oksigen.

Namun, ketika angka saturasi oksigen berada di bawah 95 persen, jangan langsung khawatir.

Kementerian Kesehatan membagikan tips menaikkan saturasi oksigen yang dapat kita coba praktikkan di rumah, yakni dengan teknik proning.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Senin (5/7/2021), teknik proning ini baik dilakukan oleh pasien Covid-19 dengan gejala ringan maupun sedang, supaya menekan risiko terjadinya perburukan atau gejala yang berat akibat infeksi virus SARS-CoV-2 tersebut.

Menurut Kemenkes, teknik ini dapat coba dipraktikkan jika angka saturasi oksigen berkisar 93-94 persen. Berikut langkahnya:

1.Pastikan berada di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

2.Berbaring tengkurap di atas alas. Pastikan kita menggunakan bantal di bawah leher, panggul, dan kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.

3.Pada posisi kedua, kita berbaring menyamping. Pastikan alas dan bantal di bawah leher, panggul, dan dijepit di antara kedua kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.

4.Pada posisi berikutnya, berbaringlah dalam posisi duduk. Gunakan penyangga bantal dalam posisi duduk. Sama seperti dua posisi sebelumnya, lakukan ini selama 30 menit.

Jika teknik ini sudah sering dilakukan namun belum membantu meningkatkan angka saturasi oksigen, segera ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan medis. Terutama jika angkanya sudah di bawah 92 persen.

Sementara jika angka saturasi oksigen di bawah 80 persen, seseorang dianggap sudah memerlukan ventilator.

Artikel asli

LEAVE A REPLY